Cara Mudah Untuk Mencuci Sofa dan Furniture Berbahan Kain

Cara Mudah Untuk Mencuci Sofa dan Furniture Berbahan Kain

No Comments on Cara Mudah Untuk Mencuci Sofa dan Furniture Berbahan Kain

Sofa yang sering kita gunakan setiap hari bila sudah terlalu lama digunakan maka akan ada bercak atau kotoran yang membuat sofa terlihat kotor dan enggan untuk digunakan, padahal sofa salah satu benda yang sangat sering digunakan bila ada orang yang bertamu di kediaman kita.

Mencuci Sofa

Jasa Mencuci Sofa Solo

Berikut ini cara mudah untuk mencuci sofa berbahan kain :

  1. Siapkan cairan pembersih. Kita dapat membeli pembersih sofa kain dari toko – toko perlengkapan rumah tangga atau pasar swalayan. Ada juga bahan – bahan siap pakai yang memberikan hasil tidak kalah bersih dengan produk siap pakai.
    1. Deterjen cair. Siapkan air hangat dan campurkan deterjen ke dalamnya, aduk rata dan hasil kan busa yang melimpah.
    2. Cuka. Bahan ini cocok untuk menghilangkan noda pada kain pembungkus sofa. Setelah menggunakan cuka, bilas permukaan sofa dengan air sabun. Lalu gunakan kipas angin untuk mengurangi bau cuka.
    3. Tisu basah. Bisa digunakan untuk menyeka bagian sarung sofa yang kotor. Bahannya yang lembut tidak akan merusak sofa dan tisu basah tidak akan beresiko membuat sarung sofa terlalu sofa.
  • bahan atau produk apapun yang anda pilih, tes terlebih dahulu di bagian kecil yang tersembunyi dan ikuti aturan pakai produk yang bersangkutan.
  1. Bersihkan debu dan kotoran. Sebelum bahan atau produk pembersih sofa digunakan, kotoran atau debu di seluruh permukaan sofa harus di bersihkan. Bisa menggunakan kemoceng, kain lap, atau mesin penghisap debu dengan ujung berbulu agar tidak merusak bahan pelapis sofa.
  2. Menangani bercak kotoran. Gunakan tisu basah atau kain mikrofiber yang telah dibasahi dengan sedikit cuka untuk mengelap bercak atau noda. Sebelum bahan atau produk digunakan, tes terlebih dahulu di bagian kecil permukaan sofa.
  3. Membasahi sofa. Setelah mencuci sofa gunakan kain mikrofiber yang dibasahi dengan larutan deterjen untuk menyeka kain penutup sofa secara perlahan. Diamkan beberapa saat agar kandungan larutan deterjennya bekerja mengatasi kotoran di bawah permukaan sofa. Peras lah kain mikrofibernya hingga tidak ada air yang menetes, agar tidak terlalu membasahi sofa.
  4. Mengeringkan sofa. setelah membasahi sofa pilihan terbaik untuk mengeringkannya adalah dengan membiarkan sofa sampai kering secara alami, dan untuk mempercepat prosesnya buka jendela dan biarkan angin masuk. Karena sebagian orang pasti akan menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan sofa secara cepat.

Faktor penentu :

  1. Pada saat mencuci sofa, jangan terlalu membuatnya basah, pakailah deterjen cair yang telah di campur sedikit air untuk tes di bagian kecil terlebih dahulu.
  2. Tisu basaha merupakan solusi praktis untuk menyerap tumpahan cairan atau menghilangkan noda tanpa membuat sofa anda terlalu basah.
  3. Jika memungkinkan, biarkan sofa anda kering secara alami.

 

Terkadang bila sudah bersih masih ada bau tidak sedap yang menempel pada sofa anda, untuk menghilangkan baunya dapat gunakan beberapa cara ini :

  • Sebarkan baking soda pada sofa. Tapi hati – hati, sebarkan sediit baking soda pada bagian sofa yang tersembunyi untuk memastikan jika kain sofa tersebut tidak mengalami perubahan warna. Jika tidak ada perubahan warna dalam 5 menit, maka dapat menyebarkannya ke seluruh bagian sofa,lalu biarkan selama beberapa jam sebelum dibersihkan dengan vacuum cleaner.
  • Taruhlah bubuk kopi segar dalam penyaring kopi lalu ikat hingga tertutup rapat. Tempatkan wadah kopi ini secara menyebar di atas sofa dan biarkan selama beberapa jam. Karena bubuk kopi dapat menyerap bau tak sedap.
  • Menghilangkan bau dengan cepat bisa dilakukan menggunakan steam cleaner. Tapi, pastikan anda melihat petunjuk penggunaan dan cek apakah bahan sofa anda memungkinkan untuk dilakukan pembersih dengan steam cleaner.

Jasa Mencuci Sofa Solo

Sebenarnya mencuci sofa secara rutin sedikit demi sedikit membuat tugas perawatan sofa menjadi lebih ringan karena mengurangi waktu yang anda perlukan untuk membersihkannya secara intensif. Beberapa cara mencegah debu dan kotoran menumpuk di sofa :

  • Bersihkan noda apapun pda permukaan sofa secepat mungkin. Noda yang baru terbentuk akan lebih mudah dihilangkan daripada noda lama yang sudah kering dan meresap ke dalam serat kain.
  • Bersihkan debu pada sofa paling tidak sekali dalam seminggu. Debu yang dibiarkan menumpuk, lama – kelamaan akan menjaditanah setelah bercampur dengan kelembapan udara sehingga mengubah warna sofa anda menjadi lebih gelap dan kusam.
  • Jika ada bagian sofa yang dapat dilepas, cucilah secara rutin. Pasang kembali kain pembungkus sofa ketika masih lembap sehingga setelah kering kain akan kembali mengikuti bentuk sofa.

Mencuci Sofa – Cuci Sofa Solo

beberapa link cuci sofa terbaik :

About the author:

Leave a comment

Back to Top